Jakarta, aktual.com – Tim sepak bola Persija Jakarta semakin mendekat ke gelar juara Liga 1 Indonesia 2018 usai menaklukkan Persela dengan skor 3-0 dalam lanjutan laga tunda pekan ke-26 Liga 1 Indonesia, Selasa (20/11).

Ketiga gol Persija dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, itu dicetak oleh Muhammad Rezaldi Hehanussa (42′), Ramdani Lestaluhu (52′) dan Marko Simic (72′).

Kemenangan itu membuat Persija mengoleksi 53 poin dan hanya berjarak satu poin dengan pemuncak klasemen sementara Liga 1 sampai pekan ke-31, PSM Makassar (54 poin). Mengingat liga bergulir sampai pekan ke-34, peluang Persija menjadi juara sangat besar. Tiga laga terakhir Persija di Liga 1 Indonesia 2018 adalah menghadapi Sriwijaya FC (kandang), Bali United (tandang) dan Mitra Kukar (kandang).

Sementara dengan kekalahan itu, Persela bertahan di peringkat 11 Liga 1 Indonesia dengan 42 poin.

Dari laga Persija kontra Persela, Persija tampil menekan tamunya sejak awal pertandingan. Akan tetapi, pertahanan kokoh Persela sempat membuat anak asuh Stefano “Teco” Cugurra kesulitan menorehkan gol.

Teco, yang membuat variasi taktik dengan menempatkan bek kiri Rezaldi Hehanussa ke bek kanan menggantikan Ismed Sofyan yang absen, mendapatkan hasil dari strateginya.

Pada menit ke-42, Rezaldi berhasil memecah kebuntuan Persija melalui sepakan keras kaki kanan dari sisi kiri pertahanan Persela usai menerima umpan Norvri Setiawan. Skor 1-0 untuk Persija dan bertahan sampai pertandingan bergulir ke masa jeda.

Di babak kedua, Persija tampil lebih beringas. Keberanian Marko Simic dan rekan-rekannya memainkan umpan pendek di depan kotak penalti Persela berhasil mendatangkan gol kedua di menit ke-52 yang dipersembahkan oleh Ramdani Lestaluhu.

Marko Simic, yang membuat assist untuk gol Ramdani, menjadi produsen gol ketiga Persija di menit ke-72. Mengendalikan dengan baik umpan dari bek kiri Michael Orah dalam skema serangan balik, penyerang asal Kroasia itu dengan cerdik melewatkan bola dari atas kepala kiper Persela Dwi Kuswanto yang menjadi gol ketiga bagi Persija.

Gol itu disambut sorak sorai lebih dari 59.000 pendukung Persija Jakarta yang menggetarkan SUGBK. Tak ada gol tambahan setelah gol Simic. Persija menjadi pemenang laga itu dengan skor 3-0.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persija: Shahar Ginanjar-PG, Jaimerson da Silva, Maman Abdurrahman, Muhammad Rezaldi Hehanussa, Michael Orah, Asri Akbar (62′, Septinus Alua), Fitra Ridwan (86′, Nugroho Fatchur Rochman), Novri Setiawan, Ramdani Lestaluhu (kapten), Rohit Chand, Marko Simic (80′, Bambang Pamungkas).

Persela: Dwi Kuswanto-PG, Arif Satria, Samsul Arifin, Wallace Costa Alves (kapten), Ahmad Subagja Basith, Dendy Sulistyawan (61, Gian Zola), Diego Assis, Syahroni (61′, Moch. Fahmi), Ahmad Birrul Walidain, Loris Arnaud, Saddil Ramdani (73, Guntur Triaji).

 

Ant.

(Zaenal Arifin)