Jakarta, aktual.com – Tiga orang Palestina tewas pada Jumat malam (3/5) dan puluhan orang lagi cedera dalam pemboman udara Israel terhadap satu lokasi di bagian tengah Jalur Gaza.

Pasukan Israel juga menembaki pemrotes damai dalam “Pawai Akbar Kepulangan” di perbatasan di bagian timur Jalur Gaza, kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Abdullah Ibrahim Abu-Melaweh (33) dan Alaa Ali Bouli (29) tewas dalam serangan udara Israel yang ditujukan ke satu lokasi di Kamp Pengungsi Maghazi di bagian tengah Jalur Gaza, kata Kantor Berita Palestina, WAFA, Sabtu (4/5). Beberapa orang lagi cedera dalam serangan udara tersebut.

Sementara itu, Raed Khalil Teir (19) ditembak hingga meninggal oleh pasukan pendudukan Yahudi saat ia ikut dalam Pawai Akbar Kepulangan di perbatasan Jalur Gaza.

Beberapa pemrotes lagi, termasuk anak kecil, seorang wartawan dan tiga petugas medis juga cedera oleh pasukan Israel selama protes mingguan di perbatasan Jalur Gaza.

Pada Jumat pagi, satu pesawat nir-awak milik Israel dan senjata artilieri Israel membom satu lahan kosong di dekat Kamp Pengungsi Awda di bagian tengah Jalur Gaza, sehingga mengakibatkan kerusakan besar di lokasi pemboman, tapi tak ada laporan mengenai korban jiwa.

Lebih dari 245 orang Palestina telah tewas dan lebih dari 23.000 orang lagi cedera oleh pasukan Israel sejak dimulainya protes Pawai Akbar Kepulangan di perbatasan Jalur Gaza pada 30 Maret 2018.

Ant.

(Zaenal Arifin)