Seorang polisi dievakuasi saat terkena lemparan batu dari massa pengunjuk rasa di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Polisi memperingatkan massa untuk membubarkan diri karena sudah melewati waktu yg dijanjikan. AKTUAL/Tino Oktaviano
Jakarta, Aktual.com – Setelah mengikuti dan memperhatikan dengan seksama dinamika dan perkembangan pasca Pemilu dan munculnya aksi massa di Ibu Kota dan beberapa kota lainnya, sejak kemarin hingga hari ini, Rabu, 22 Mei 2019, DPP Partai NasDem menyampaikan hal-hal se sebagai berikut:
1. Pemilu 2019 sudah selesai dan KPU sudah mengumumkan hasil resminya. Pemilu merupakan produk demokrasi yang oleh karenanya setiap pihak harus menghormati setiap hasil dan keputusan yang ada. Apabila ada pihak-pihak yang kurang puas terhadap hasil pemilu, bisa menempuh jalur yang telah ditentukan sesuai ketentuan yang ada. 
Pemilu adalah sarana untuk mewujudkan sarana memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara, bukan sebaliknya, membuat kemunduran kehidupan bernegara. Oleh karena itu tindakan-tindakan yang merusak dan memaksakan kehendak sesungguhnya bertentangan dengan tujuan berdemokrasi. 
2. Mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Partai NasDem menghormati proses menyampaikan pendapat di muka umum sebagai salah satu hak warga negara yang dijamin oleh undang-undang. Namun demikian proses tersebut harus senantiasa sesuai dengan koridor perundang-undangan yang berlaku.
Proses penyampaian pendapat tidak boleh disertai dengan pemaksaan kehendak karena hal itu sesungguhnya telah menciderai demokrasi itu sendiri. 
3. Partai NasDem mendukung setiap langkah pemerintah dan alat negara dalam upaya menjaga keutuhan dari setiap tindakan yang mengancam eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan terhadap pemerintahan yang sah. 
Partai NasDem akan selalu mendukung langkah dan upaya yang diambil oleh TNI dan Polri termasuk tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang hendak membuat negara ini terpecah belah, jika dipandang terpaksa. Bagi NasDem, keutuhan republik ini di atas segala-galanya, termasuk di atas simbol dan ekspresi kebebasan dalam demokrasi. 
4. Mengimbau kepada warga masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas sebagaimanabiasanya. Oleh karena itu pemerintah dan aparat keamanan harus bisa memastikan berjalannya fungsi-fungsi lembaga negara dalam pelayanan publik. 
5. Memerintahkan kepada setiap kader Partai NasDem untuk tetap siaga merespon perkembangan yang ada dan secara aktif menciptakan suasana harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Demikian sikap dan pandangan resmi dari DPP Partai NasDem menyikapi situasi dan perkembangan oleh Ketua Umum Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal
 Johnny Plate
(Fadlan Butho)