London, Aktual.com – Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt pada Senin menyatakan akan mendorong Uni Eropa menyetujui kesepakatan Brexit, yang akan memastikan bahwa kawasan itu bisa menangani ancaman dunia, seperti, serangan dunia maya, perpindahan penduduk dan terorisme.

Pada awal pekan itu, yang disebutnya “sangat menentukan”, saat Perdana Menteri Theresa May bertolak ke Brussel untuk menghadiri pertemuan puncak, Hunt akan memanfaatkan pertemuan dewan luar negeri pada Senin untuk menyampaikan kepada Uni Eropa bahwa menjaga kerja sama erat dalam bidang keamanan adalah kebutuhan mendasar.

Hanya kurang dari enam bulan sebelum Inggris berpisah dari Uni Eropa, kedua pihak meningkatkan upaya untuk membuat kesepakatan menyangkut rancangan perjanjian pemisahan. Mereka membahas penentuan syarat pemisahan, masa peralihan serta penyelesaian masalah perbatasan darat.

“Ini adalah pekan sangat menentukan bagi Inggris dan mitra Eropa kita. Kepentingan untuk mencapai kesepakatan Brexit, yang menghormati otonomi Uni Eropa dan kedaulatan Inggris tidak bisa dilebih-lebihkan,” kata Hunt dalam pernyataan.

“Dan menyampaikan ini sangat penting juga bagi keamanan kita karena hubungan ekonomi tergantung pada kemitraan kita semua, termasuk persekutuan keamanan sangat penting yang kita miliki dengan teman kita di Eropa,” katanya.

May berada di bawah tekanan untuk mengubah taktik strategi pemisahan Inggris. Bekas menteri Brexit-nya, David Davis, mengimbau para menteri utama pada kabinet May pada Minggu untuk mengerahkan kewenangan kabinet pada May.

Ant.

(Teuku Wildan)