Pemandangan sawah Subak Lepang  dengan latar belakang Gunung Agung di Desa Rendang, Kalrangasem, Bali (2/10). Akibat gempuran pariwisata dan perkembangan jaman, menimbulkan dampak alih fungsi lahan khususnya disektor pertanian yang merembet ke Subak atau sistem pengairan ciri khas sistem irigasi di Bali. Sistem Subak di Bali tidak hanya sebagai warisan budaya yang terdaftar sebagai badan warisan dunia Unesco sejak tahun 2012 sehingga hal ini tidak saja menjadi tanggung jawab masyarakat Bali untuk menjaga sistem pengairan subak. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Indonesia menjadi “partner country” dalam Pameran Wisata tahunan terbesar di Austria, Ferien Messe Wien (FMW) 2019 mengalahkan sejumlah kandidat negara lain dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan dari Austria yang dilaksanakan di kota Wina, Austria dari tanggal 9-13 Januari 2019.

Dalam pameran pariwisata terbesar di kawasan Eropa bagian Timur, KBRI/PTRI Wina bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata mempromosikan Indonesia dengan mengangkat tema 10 Destinasi Bali Baru yang ditetapkan Presiden Joko Widodo, demikian Pensosbud KBRI/PTRI Wina, Danurdoro KM Parnohadiningrat, Selasa (15/1).

Paviliun Indonesia menghadirkan 10 tour operator dan ASITA yang memasarkan berbagai produk wisata kepada pengunjung Indonesia dari Austria dan negara sekitarnya.

Pengusaha “Tour Operator” menyatakan kepuasannya memasarkan produk wisata Indonesia. “Tahun depan akan ikut lagi untuk promosi bersama di Stan Indonesia,” ujar salah satu TO Indonesia yang memasarkan destinasi baru.

Selama empat hari penyelenggaraanya, FMW telah menarik minat lebih dari 150.000 orang pengunjung yang berasal dari Austria dan berbagai negara sekitar seperti Slovenia, Slovakia, Hungaria, Polandia, dan Republik Ceko.

Kalangan dunia usaha pariwisata yang hadir mengisi Paviliun Indonesia menerima berbagai permintaan dari kalangan pengunjung. Permintaan yang paling umum adalah informasi mengenai berbagai objek wisata yang dapat dikunjungi di Indonesia.

(Abdul Hamid)