Suasana penutupan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (8/11). Pada perdagangan hari ini berakhir memerah setelah kemarin berhasil mencetak rekor tertinggi. Bursa saham Tanah Air ditutup turun ke level 6.049,38 atau melemah 11,07 poin setara dengan 0,18%. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali ditutup menguat pada Kamis ditopang optimisme investor terhadap ekonomi nasional pada 2018.

IHSG BEI ditutup menguat sebesar 62,14 poin atau 1,02 persen menjadi 6.177,72, sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 11,96 poin atau 1,23 persen menjadi 987,21.

Research Department, Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG menjelang akhir tahun 2018 ini cukup optimis, tentunya hal ini juga merupakan peran pemerintah dalam menjaga stabilitas perekonomian nasional.

“Berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah di tengah gejolak perekonomian global cukup memberi kepercayaan investor terhadap aset berisiko, seperti saham sehingga IHSG melanjutkan kenaikannya,” ujarnya, Kamis (13/12).

Ia menambahkan pergerakan rupiah yang menguat turut memberi imbas positif bagi investor di pasar saham. Nilai tukar rupiah yang terapresiasi menandakan stabilitas ekonomi yang terjaga.

“Rupiah yang positif maka terbuka peluang bagi emiten untuk kembali mencatatkan pertumbuhan,” katanya.

(Andy Abdul Hamid)