(ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Menara Digital Network yang merupakan sebuah lembaga monitoring media sosial dan big data telah melakukan analisa dinamika peta politik Pilpres 2019 di dunia maya.

Survei yang dilakukan dengan cara pengumpulan data secara “real time” dari berbagai media sosial yang ada di Indonesia seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Online Forum dan portal berita yang saat ini dianggap sebagai ungkapan nyata pilihan masyarakat Indonesia.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma’ruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. AKTUAL/Tino Oktaviano

Dan hasilnya pun mengungkapkan bahwa pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf lebih sering dibahas negatif di media sosial dibanding pasangan Prabowo-Sandiaga.

“Berdasarkan Net Sentiment (NS) pada percakapan 11 Maret – 9 April 2019 ditemukan bahwa Prabowo-Sandi lebih memiliki sentimen positif yaitu 63,4% dari pada lawannya Jokowi-Ma’ruf dengan presentase sentimen positif 51,1%,” kata CEO Menara Digital Network Anthony Leong ditulis Senin (15/4).

“Sosial media ini tidak ada ada border, jadi masyarakat bisa lebih mengutarakan pendapat mereka terhadap pilihan mereka. Ya, hal ini dapat kita lihat dari apa yang mereka tweet-kan di media sosial dan pencarian mereka terhadap para pasangan pilpres,” tambahnya.

(Abdul Hamid)