Makassar, aktual.com – Harga ayam potong ukuran besar yang biasanya ditebus seharga Rp45 ribu per ekor kini dijual rata-rata Rp65 ribu hingga Rp75 ribu per ekor sehari jelang bulan suci Ramadhan.

“Kebutuhan ayam potong dan ayam kampung sangat tinggi sehari jelang Ramadhan, sementara persediaan yang ada tetap, ini menyebabkan harga ayam melonjak,” kata salah seorang penjual ayam, Nurdin di Pasar Terong, Makassar, Minggu (5/5).

Menurut dia, harga ayam potong dan ayam kampung yang dibeli dari distributor rata-rata naik Rp10 ribu – Rp15 ribu sehingga terpaksa turut menaikkan harga jual agar tidak merugi.

Kenaikan harga ayam juga diikuti dengan kenaikan harga daging sapi. Hal itu diakui penjual daging Badaruddin di Pasar Pa’baeng-baeng, Makassar.

Menurut dia, setiap menjelang Ramadhan dan Idul Fitri harga daging sapi selalu naik Rp10 ribu dibanding harga normal Rp15 ribu per kilogram, karena permintaan pasar cukup besar sementara suplai dari pedagang cenderung tidak bertambah.

“Kondisi ini menyebabkan kami terpaksa menambah modal untuk membeli persediaan daging sapi sambil menunggu harga normal kembali biasanya setelah pekan pertama Ramadhan,” katanya.

Menanggapi melonjaknya harga ayam dan daging sapi di pasaran, salah seorang pembeli, Kamriani mengaku harus mengeluarkan anggaran lebih besar menjelang Ramadhan.

“Ini karena tradisi kami menyiapkan menu sahur yang lebih istimewa pada hari pertama Ramadhan untuk menyemangati anak-anak kami berpuasa,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat di Sulawesi Selatan umumnya melakukan doa bersama keluarga dan makan bersama dengan menu yang istimewa misalnya menyiapkan berbagai aneka masakan dengan bahan dasar daging ayam atau daging sapi.

Ant.

(Zaenal Arifin)