Djarot Saeful Hidayat

Jakarta, Aktual.com-Kini, Djarot Saiful Hidayat resmi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Djarot hanya bertengger di kursi DKI-1 selama 4 bulan, dia pun kemudian oleh sejarah tercatat sebagai Gubernur DKI dengan masa jabatan terpendek.

Djarot dilantik menjadi Gubernur DKI oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/6) sejak pukul 09.15 WIB. Djarot menggantikan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang mengundurkan diri dari kursi Gubernur DKI, beberapa bulan lalu. Djarot sendiri bakal berkantor di Balaikota Jakarta hingga Oktober 2017.

Sebelumnya ada dua Gubernur DKI Jakarta yang juga menjabat dengan periode yang relatif singkat, yakni Gubernur DKI Hendrik Hermanus Joel Ngantung alias Henk Ngantung, menjabat selama 11 bulan saja. Dia menjabat dari 26 Agustus 1964. Pria asal Manado yang pernah menjadi anggota Lembaga Kesenian Rakyat (Lekra) Partai Komunis Indonesia itu menjabat sampai 15 Juli 1965.

kemudian Henk Ngantung digantikan oleh Soemarno Sosroatmodjo. Dengan masa jabatan yang juga singkat, yakni dari 15 Juli 1965 sampai 28 April 1966, atau menjabat selama sembilan bulan.

(Dedy Kusnaedi)