Jakarta, aktual.com – Kepala terminal bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur Thofik Winanto mengatakan masih ada ribuan warga yang berangkat mudik meski dua hari sudah Lebaran (H+2).

“Untuk hari ini mulai dari pukul 00.00 WIB sampai 13.00 WIB tercatat yang berangkat mencapai 3.648 penumpang,” kata Thofik saat ditemui di kantornya, Jumat (7/6).

Thofik mengatakan hingga hari ini kondisi terminal masih normal dan belum terlihat lonjakkan arus balik, bahkan ribuan penumpang masih berangkat mudik.

Menurutnya, penumpang yang baru berangkat dikarenakan tujuan lokasinya dekat seperti Cianjur, Sukabumi, dan Bogor, Jawa Barat, sehingga tidak memerlukan waktu berhari-hari di perjalanan.

“Diprediksikan lonjakkan arus balik baru  terjadi tanggal 8 dan 9 Juni, dikarenakan rata-rata mereka masuk kerja tanggal 10 Juni,” katanya.

Untuk mengantisipasi lonjakkan penumpang di arus balik, katanya, pihaknya telah menyiapkan beberapa hal seperti peningkatan keamanan dan penambahan jumlah angkutan kendaraan dalam kota.

Terminal bus Kampung Rambutan telah menyiapkan CCTV dan menyiagakan sekitar 98 gabungan personel TNI dan Polri untuk keamanan dan sistem pengawasannya melingkar atau patroli.

Untuk jumlah angkutan kendaraan dalam kota, Thofik telah menambahkan kendaraan Andini (Angkutan Dini Hari) yang beroperasi mulai pukul 00.00 WIB hingga 05.00 WIB, yang bisanya lima hingga enam unit saat ini disiapkan mencapai 10 unit.

Ant.

(Zaenal Arifin)