Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengab pewarta foto di Balai Pewarta Foto Indonesia Pos Pol HI di Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019). Kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Bundaran HI untuk melihat fasilitas publik di Jakarta. AKTUAL/POOL PFI

Jakarta, Aktual.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga untuk tidak terlalu khawatir bepergian karena kondisi Ibu Kota relatif tenang dan aman setelah kericuhan yang terjadi Selasa (21/5) hingga Rabu (23/5).

“Jangan khawatir untuk pergi ke mana saja, karena Jakarta aman. Hari ini semuanya sudah relatif tenang, karena itu saya menganjurkan kepada seluruh warga Jakarta berkegiatan seperti biasa,” kata Anies ditulis Jumat (24/5).

Sejumlah titik, yang beberapa waktu lalu terjadi kericuhan, kini sudah tenang. Anies juga meminta para pedagang di Tanah Abang untuk kembali beraktifitas supaya kegiatan perekonomian tidak terganggu.

“Ruas Jalan Thamrin dan beberapa jalan di sekitar Tanah Abang, Petamburan, Slipi sempat ada ketegangan; tapi sekarang, hari ini, semuanya sudah relatif tenang. Tanah Abang juga besok mulai kegiatan lagi,” katanya.

Terkait rencana aksi damai untuk mengantarkan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Prabowo-Sandiaga, Anies mengatakan tidak ada skenario khusus untuk pengawalan dan pengamanannya. “Tidak ada yang khusus, karena prosesnya konstitusional, jadi biar dikawal secara konstitusional juga,” ujarnya.

(Abdul Hamid)