Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Federasi Rusia memberikan hibah alat kesehatan berupa satu unit mesin Elektrokardiogram (EKG) dan dua unit tensimeter untuk Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

Hibah alat kesehatan itu diserahkan oleh Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva dan Duta Besar Federasi Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov kepada Direktur Utama RSUP Persahabatan Mohammad Ali Toha di Jakarta, Jumat (14/12).

Elektrokardiogram (EKG) adalah tes sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. “Kedutaan Besar Rusia di Indonesia selalu bersedia memberikan bantuan yang diperlukan untuk mengembangkan kerja sama kedua negara, termasuk di bidang kesehatan,” ujar Dubes Lyudmila.

Rusia memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah RSUP Persahabatan. Rumah sakit yang awalnya merupakan rumah sakit satelit dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini dibangun oleh para insinyur Rusia pada 1961.

Penyerahan bantuan rumah sakit secara resmi oleh pemerintah Rusia kepada pemerintah Indonesia dilakukan pada 7 November 1963. Para tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai hari jadi RSUP Persahabatan, yang dirayakan setiap tahun dengan kehadiran perwakilan pemerintah Rusia sebagai tamu tetap.

(Andy Abdul Hamid)