Ilustrasi RAPBN 2017 (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Juru Bicara Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR, Sukiman, menyebutkan bahwa fraksinya setuju menindaklanjuti rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2017, ke tahapan selanjutnya.

“Fraksi PAN setuju RAPBN tahun anggaran 2017 untuk ditindak lanjuti pada tahapan selanjutnya,” kata Sukiman dalam pidato penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi tentang RAPBN 2017, di Sidang Paripurna, Senayan, Selasa (23/8).

Dalam kesempatannya, Fraksi PAN menegaskan agar pemerintah tidak melakukan penambahan utang negara dalam anggaran APBN 2017 lantaran kondisi hutang sudah kian membengkak.

“Menolak penambahan utang negara yang akan direncanakan memasukan pada anggaran 2017 ini karena pada utang saja sudah mulai membengkak,” ujar dia.

Masih dikatakan Sukiman, fraksi PAN juga memberikan apresiasi pada intensitas pemerintah terkait transfer dana ke daerah yang jauh lebih besar, sehingga mengurangi kesenjangan sosial di daerah-daerah.

“Transfer ke daerah lebih besar ketimbang dana belanja kementerian, dan itu kami apresiasi, terlebih dana transfer daerah yang disalurkan lebih besar dari dana kementerian desa, sehingga bila terus dilakukan diharapkan dapat menjadikan kesenjangan sosial di daerah semakin berkurang,” pungkas anggota komisi XI DPR RI itu.

 

*Novrizal

()