Jakarta, aktual.com – Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang banyak diminati wisatawan karena keindahan alamnya. Tak cukup Pulau Komodo saja, kota yang merupakan ibu kota dari Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat ini juga memiliki segudang tempat wisata lain yang akan membuat perjalanan liburan lebih berwarna.

Jika ingin mencari tempat wisata kekinian, kamu pun tak perlu khawatir karena sebagian besar tempat wisata di Labuan Bajo menawarkan view instagrammable. Penasaran apa saja tempat wisata keren di Labuan Bajo yang menjadi tujuan favorit wisatawan? Simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Gili Laba
Gili Laba atau yang juga biasa dikenal dengan Gili Lawa Darat merupakan sebuah pulau kecil yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Sama halnya dengan Pulau Komodo atau Pulau Padar, di tempat ini wisatawan juga bisa melakukan kegiatan trekking menuju puncak bukit.

Dari ketinggian, kamu akan disuguhi pemandangan spektakuler berupa hamparan laut dengan gradasi warna biru yang menakjubkan serta barisan bukit-bukit hijau yang melatarinya.

Sebagai saran, sebaiknya datang sekitar pukul 15.00 sore karena panas matahari tidak terlalu menyengat dan pemandangan yang disuguhkan juga terlihat sangat bagus. Dengan menghabiskan waktu sedikit lebih lama, kamu pun bisa mendapat bonus berupa suguhan matahari terbenam di Gili Laba yang menakjubkan.

2. Pulau Kanawa
Laut biru jernih sebening kaca, pantai dengan pasir putih yang berkilau, gugusan terumbu karang eksotis, serta lanskap yang memesona menjadi gambaran singkat akan keindahan yang ditawarkan Pulau Kanawa. Karenanya, tak heran jika pulau ini banyak dipilih oleh para wisatawan untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Tak berhenti di situ saja, Snorkeling menjadi aktivitas wajib yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke pulau ini. Untuk mendapat pemandangan yang lebih menakjubkan, kamu pun bisa trekking menuju puncak bukit Pulau Kanawa. Sementara bagi yang ingin bermalam, di pulau ini terdapat sejumlah guest house dan resor yang disewakan bagi para wisatawan.

3. Gua Rangko
Puas menikmati wisata pantai dan laut, berkunjung ke Gua Rangko menjadi aktivitas wisata lain yang tak boleh kamu lewatkan ketika berlibur ke Labuan Bajo. Terletak di Desa Rangko, Kecamatan Tanjung Boleng, Kabupaten Manggarai, Gua Rangko menawarkan pemandangan gua yang cantik dengan stalaktit dan stalakmit yang tidak terlalu tajam. Uniknya lagi, di dalam gua juga terdapat sebuah kolam mata air yang sangat jernih.

Namun karena keadaan di dalam gua sangat gelap, kamu yang ingin berkunjung sebaiknya datang sekitar pukul 13.00 sampai 15.00. Di waktu-waktu, tersebut sinar matahari masuk ke celah-celah gua sehingga menciptakan pemandangan yang indah.

4. Paradise Bar

Paradise Bar

Jika kamu ingin menyaksikan senja terbaik di Labuan Bajo sambil bercengkerama bersama teman-teman, Paradise Bar bisa menjadi tempat yang tepat. Berlokasi di Jalan Binongko, Labuan Bajo, bar ini dapat kamu akses sekitar 10 menit berkendara dari pusat Kota Labuan Bajo.

Dengan lokasinya yang bertempat di tebing pinggir pantai, tentu tak heran jika Paradise Bar menjadi lokasi yang sempurna untuk menikmati suasana sunset Labuan Bajo. Untuk makanannya, di sini kamu bisa memesan beragam kuliner khas pesisir seperti ikan bakar hingga makanan Eropa. Jika berkunjung di hari Sabtu, bar biasanya juga mengadakan acara live music untuk menghibur pengunjung.

Jadi, itulah beberapa tempat wisata kekinian yang tak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Labuan Bajo. Sebagai informasi tambahan, kamu bisa memanfaatkan layanan pemesanan tiket pesawat dari Airy untuk mendapat penawaran harga yang lebih baik dan beragam promo menarik. Dengan memesan tiket pesawat di Airy, kamu juga bisa lebih flaksibel jika ingin membatalkan atau mengubah jadwal terbang karena adanya fitur refund dan reschedule.

(Zaenal Arifin)