Bengkulu, aktual.com – Dua kuntum bunga langka dilindungi Rafflesia sp mekar di kawasan hutan sekitar aliran Sungai Palawan dalam wilayah Desa Ulak Bandung, Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur, Bengkulu.

“Ada dua bunga yang mekar bersamaan dan posisi juga dempet,” kata Cindi Lestari, warga Desa Ulak Bandung saat dihubungi dari Bengkulu, Rabu (1/5).

Ia menambahkan saat ini kondisi bunga sedang mekar sempurna dan diperkirakan masih dapat dinikmati dalam dua hingga tiga hari ke depan sebelum membusuk.

Habitat bunga langka tersebut, lanjut dia cukup mudah diakses dari desa. Hanya perlu waktu 15 menit berjalan kaki dengan jalur yang sudah tersedia.

“Jalur ini sehari-hari digunakan masyarakat menuju kebun dan lokasi bunga juga tidak jauh dari areal kebun warga,” ucapnya.

Kelompok pelestari bunga rafflesia di desa itu juga sudah membuat jalur setapak menuju lokasi bunga mekar. Medan yang harus ditempuh melintasi aliran sungai kecil tersebut.

Zul mengemukakan pengunjung yang ingin menyaksikan keunikan bunga tersebut dapat menghubungi anggota komunitas pelestari Rafflesia sp di Desa Ulak Bandung.

Untuk menuju lokasi ini, pengunjung harus berkendara selama empat jam dari Kota Bengkulu menuju Desa Ulak Bandung, Kaur lalu akan dipandu menuju lokasi.

Bunga Rafflesia sp merupakan bunga langka dengan yang masih dapat ditemui di sejumlah kawasan hutan Bengkulu. Terdapat lima jenis Rafflesia sp yang telah teridentifikasi di hutan Bengkulu yaitu Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis, Rafflesia kemumu dan Rafflesia hasselti.

Ant.

(Zaenal Arifin)