Petugas Bank Sampah Pusat Kota Makassar menata barang bekas layak daur ulang , Sulawesi Selatan, Jumat (4/3). PT Telkom Indonesia Devisi Regional Area VII Makassar, mencanangkan program kampung Usaha Kecil Menengah (UKM) Digital Lingkungan Hidup di Bank Sampah Pusat tersebut dengan penyediaan layanan teknologi informasi berupa Broadband Learning Centre (BCL) dan fasilitas akses internet berbasis WiFi (Wireless Fidelity) guna memudahkan para pemilik bank sampah dalam menjalankan proses bisnisnya sekligus meningkatkan pendapatan. ANTARA FOTO/Dewi Fajriani/nz/16

Jakarta, Aktual.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan masyarakat dapat meraup keuntungan miliaran rupiah dari hasil memanfaatkan bank sampah.

“Ada 1.400 bank sampah yang tersebar di seluruh DKI Jakarta, hasil dari bank sampah itu punya nilai ekonomi. Bahkan, wilayah di Jakarta Barat hasil bank sampahnya mencapai Rp4 miliar,” ujar Isnawa di Jakarta, Selasa (6/11).

Isnawa melanjutkan pihaknya selalu berusaha membuat tindakan pencegahan dengan mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih Jakarta telah memasuki musim penghujan.

“Kami menyediakan posko juga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada hari Minggu,” tambahnya.

Salah satu bank sampah yang baru diresmikan pada Oktober 2018 lalu, yakni bank sampah di Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

(Andy Abdul Hamid)