Jakarta, Aktual.co — Pada sebagian besar orang seringkali melewatkan panggilan tak terjawab, pesan elektronik, berupa SMS yang masuk dalam perangkat ponsel. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika Anda sedang mengemudi, atau ponsel tidak sedang anda pegang.

Ada tiga notifikasi ponsel yang diketahui menjadi penyebab pengguna tidak mengetahui ada panggilan atau pesan masuk yaitu, pertama ponsel dalam mode beeps, kedua berkedip dan ketiga bergetar.

Untuk mengatasi hal tersebut, seperti dilansir dalam laman Phonearena, ada beberapa trik yang membantu pengguna smartphone Android agar mengetahui ada panggilan atau pesan yang masuk melalui nyala LED Flash kamera. Notifikasi ini akan menghidupkan LED Flash kamera ketika ada notifikasi masuk seperti panggilan, SMS, notifikasi,  dan lain-lain.

Berikut langkah-langkah mengaktifkan LED Flash kamera sebagai notifikasi pada perangkat Android.

1. Periksa pengaturan ponsel
Untuk mengaktifkan fitur ini, periksa terlebih dahulu apakah perangkat android anda telah menyediakan perangkat lunak pendukung untuk menghidupkan LED Flash kamera.
Untuk samsung periksa Settings > My Device > Accessibility > Flash Notification.
Untuk perangkat LG dapat dilihat di  Settings > Accessibility > Hearing > Flash Alerts.

Pengaturan tergantung dari model dan ponsel Anda. Cek terlebih dahulu pengaturan Accessibility. Jika pilihan tersebut tidak ada, maka Anda tidak dapat mengaktifkan LED Flash kamera sebagai notifikasi.Jika tidak ada, maka Anda akan membutuhkan upgrade OS atau melakukan Root Android.

2. Download ‘Call Flash”
Aplikasi ini akan menghidupkan LED Flash kamera ketika ada panggilan masuk, pesan baru, atau notifikasi lain yang muncul di Android. Aplikasi ini disediakan gratis, dilengkapi berbagai macam fitur dan tidak membuat anda pusing dengan berbagai macam iklan yang tiba-tiba muncul.

Cara mengaktifkan setelah download di Playstore, pertama jalankan aplikasi dan Anda akan menemukan menu “First Time Setting”. Menu ini memberitahukan izin untuk mengakses dan menghidupkan kamera LED Flash.

Langkah kedua, lanjutkan dengan uji coba “Test Flash”. jika tidak bekerja, lanjutkan pada metode lain yang ada dalam aplikasi tersebut. Pilih dan coba hingga LED Flash menyala.

Jangan lupa untuk menyalakan Call Flash Alert dan memilih aplikasi yang membutuhkan notifikasi ini. Geser layar, aktifkan notifikasi LED Flash kamera untuk panggilan, SMS, dan notifikasi lainnya. Atur berapa lama dan jumlah Flash akan menyala ketika ada notifikasi masuk. (Laporan: Ismed Eka)

()