Surabaya, Aktual.co — Hari jadi Kota Surabaya ke 722 dirayakan dengan parade dan atraksi di jalan-jalan protokol Surabaya.

Start yang diawali dari Tugu Pahlawan sampai Taman Surya Balai Kota Surabaya, tidak hanya diikuti dari instansi atau pelajar di Surabaya. Tetapi juga dari provinsi Bali yang menampailkan parade tari Kecak serta penampilan ogoh-ogohnya. Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pun juga ikut dengan parade wayang.

Bahkan belasan para turis mancanegara pun juga tak mau ketinggalan dengan menampilkan aksi Kereta Kencana Nyi Roro Kidul.

Walikota Surabaya, Tri Risma Harini, mengatakan jika parade kali ini memang beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh instansi dan dinas serta palajar dari kota Surabaya.

“Ternyata tahun ini ada warga negara asing dan provinsi lain. Mereka yang menjalin kerja sama di bidang ekonomi dengan pemerintah kota Surabaya, ternyata juga menawarkan diri untuk ikut parade. Ya kita persilakan saja biar tahu budaya kita.” kata Risma, Minggu (3/5).

Acara parade tersebut, memang menjadi perhatian warga Surabaya khususnya para orang tua yang ingin mengajak anaknya melihat parade. Mereka rela berjubel meski dalam kondisi gerimis.

Sementara akibat adanya parade tersebut, nyaris jalan-jalan di pusat kota Surabaya terjadi kemacetan karena banyak yang dialihkan.

()