Buaya (Istimewa)

Sampit, Aktual.com – Fenomena buaya menampakan diri di permukaaan sungai-sungai di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah kembali terjadi dalam beberapa hari belakangan.

Masyarakat Desa Handil Sohor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotim dikagetkan dengan bermunculannya buaya di daerah pemukiman warga, satu ekor buaya di antaranya berhasil ditangkap warga.

“Kami sudah mendapat informasi penangkapan buaya itu. Kami masih berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan setempat,” kata Komandan Pos Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah di Sampit, Muriansyah di Sampit, Kamis (6/12).

Muriansyah berharap warga tidak membunuh buaya tersebut. Seperti penangkapan buaya di lokasi lain sebelumnya, pihaknya mengevakuasi buaya itu untuk dilepasliarkan di hutan habitat buaya namun jauh dari permukiman penduduk.

Penangkapan buaya di Sungai Handi Sohor berawal ketika warga melihat lebih dari dua ekor buaya muncul di sungai itu. Beberapa warga kemudian berinisiatif menangkap salah satu buaya yang ukurannya tidak terlalu besar.

(Andy Abdul Hamid)