Helikopter Superpuma Sinar Mas Forestry melakukan pengeboman air (water boombing) di atas hutan yang terbakar di Desa Bokor, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Selasa (15/3). Dua Helikopter Sinar Mas Forestry berjenis Superpuma PK-DAN dan Eurocopter PK-DAM dikerahkan untuk membantu proses pemadaman kebakaran lahan dan hutan di kawasan tersebut. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/kye/16

Banda Aceh, Aktual.com – Sekitar 20 hektare lahan gambut kering yang juga ditumbuhi oleh semak belukar dan dijadikan perkebunan kelapa sawit mengalami kebakaran hebat yang berlokasi di Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya.

“Petugas kembali melanjutkan pemadaman api hari ini, setelah kemarin cuma sebagian lahan,” ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Selasa (2/7).

Ia menerangkan, petugas terdiri dari unsur Badan Penangulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya, tiga unit armada pemadam kebakaran, TNI/Polri, perangkat gampong (desa), dan masyarakat setempat ikut membantu memadamkan api.

Tapi mereka kesulitan dalam memadamkan kebakaran yang lokasinya jauh dari badan jalan akibat kekurangan pompa portabel, sepatu tahan api bagi personil, dan masker pelindung bagi personel di lapangan.

“Personel pemadam di Pos Kuala Batee kemarin sekitar jam 8.30 WIB, mendapat laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan sawit di kawasan jalan 30, Babahrot. Tetapi kencang angin, sehingga api dengan cepat meluas,” jelasnya.

Ia mengaku, tim pemadam kebakaran lalu berkoordinasi dengan Koramil dan Polsek setempat yang dibantu masyarakat untuk memadamkan titik api sejauh satu kilometer dari badan jalan.

(Abdul Hamid)