Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Underpass Dukuh Atas, Jakarta, Senin (11/12). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak siang hari mengakibatkan sejumlah ruas jalan di Ibukota tergenang. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat mengimbau masyarakat di sejumlah daerah untuk mewaspadai peningkatan curah hujan pada satu minggu ke depan.

“Hasil pantauan terkini kondisi atmosfer menunjukkan adanya peningkatan aktivitas gelombang atmosfer,” kata Kepala Pusat Meterologi Publik BMKG A. Fachri Radjab dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (7/12).

Dia menjelaskan beberapa sirkulasi atau pusaran aliran udara terbentuk di sekitar wilayah Indonesia, di antaranya terdapat di perairan barat Aceh, Laut Natuna, dan Selat Karimata.

“Sirkulasi ini akan memberikan dampak berupa meningkatnya konsentrasi kelembapan udara untuk mendukung pertumbuhan awan,” katanya.

Dia mengatakan sirkulasi itu kemudian juga memicu terbentuknya wilayah konvergensi/pertemuan massa udara di sepanjang pesisir barat Sumatera, Kalimantan bagian barat hingga Selat Karimata dan Pulau Jawa.

(Andy Abdul Hamid)