Petugas mengevakuasi pasien yang diduga terinfeksi virus Ebola saat simulasi di Pelabuhan Khusus RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (18/5). Simulasi yang digelar Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jawa Barat bekerja sama dengan Pertamina RU VI dan Basarnas tersebut untuk meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan virus Ebola untuk awak kapal. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pd/16.

Ternate, Aktual.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas)T Maluku Utara (Malut) menyiagakan personelnya di dua titik objek wisata guna memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi warga setempat untuk memanfaatkan liburan pada H+1 Lebaran di objek wisata pantai Ternate.

Kabag Humas Basarnas Ternate, Iksan M Nur di Ternate , Kamis (6/6), menyatakan, seluruh fasilitas telah ditempatkan di Pantai Sulamadaha dan Jikomalamo , di setiap titik ada lima personel yang disiagakan.

Selain itu, Basarnas Ternate juga menyiapkan perahu karet, jetski dan peralatan pertolongan lain di areal objek wisata serta menyiagakan kapal patroli KN 237 Pandudewanata untuk memberikan rasa kenyamanan kepada masyarakat apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Kendati demikian, kata Iksan, hingga pagi ini, suasana di kedua objek wisata Pantai Ternate untuk masih normal dan diprediksi pada H+3 dan H+4 tempat itu akan dipenuhi warga yang akan berwisata menghabiskan waktu liburan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Dia menambahkan, Basarnas Ternate dalam pelayanan Idul Fitri 2019 telah membangun 13 pos pelayanan Lebaran dalam kesiapsiagaan SAR angkutan Lebaran melalui penanganan kecelakaan saat arus mudik dan balik lebaran.

(Abdul Hamid)