Jakarta, Aktual.com – Puluhan Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT) yang telah menginap selama satu minggu didepan Istana Merdeka, Jakarta Pusat akhirnya dapat menerobos iring-iringan mobil Presiden Jokowi.

Salah seorang istri dari awak mobil tangki terpantau berhasil menemui Jokowi dan berbincang dengan presiden yang bertahan di dalam mobil.

Sejumlah demonstran lain tidak berhasil merangsek mendekati mobil RI 1 karena dihadang oleh petugas kepolisian dan Paspampres bersenjata lengkap.

Akibat insiden dorong-dorongan dengan petugas, dua orang pingsan dan akan dilarikan ke rumah sakit.

Seperti diketahui bahwa 1.095 awak mobil tangki Pertamina di bawah naungan PT Pertamina Patra Niaga dan PT Elnusa Petrofin di-PHK massal via SMS pada tahun 2016.

Tidak ada penyelesaian, beberapa bulan belakangan, awak mobil tangki membentuk Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT) Pertamina untuk menyuarakan hak-hak mereka.

Mereka menggelar rangkaian aksi di depan kantor Kementerian BUMN dan Istana Negara. SP-AMT melakukan aksi kubur diri, aksi obor, dan berhari-hari menginap di depan Istana Negara dengan mendirikan tenda seadanya.

(Abdul Hamid)