Portugal Soccer Champions League

Jakarta, Aktual.com – Manchester United secara resmi memecat Jose Mourinho dari kursi pelatih pada Selasa (18/12).

Pemecatan itu diambil tak sampai 48 jam setelah kekalahan dari Liverpool dengan skor 1-3 dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris, kendati Mourinho telah membuat United menggelontorkan dana sebesar 419 juta poundsterling atau sekira Rp7,6 triliun selama 2,5 musim masa kepelatihannya.

Ironisnya, Paul Pogba, pemain termahal yang didatangkan United untuk Mourinho seharga 94,5 juta poundsterling (sekitar Rp1,7 triliun) hanya menghangatkan bangku cadangan menyaksikan rekan-rekannya seperti diajari bermain bola oleh Liverpool di Anfield.

Dalam beberapa bulan terakhir hubungan Mourinho dan Pogba memang merenggang dan sang pelatih tak pernah ragu untuk melontarkan kritik di media kepada gelandang juara dunia tersebut.

Selain Pogba, satu pembelian lainnya dari Mourinho pada Januari 2018, Alexis Sanchez, juga tak tampil karena tengah berkutat dengan cedera.

Sanchez didaratkan dari Arsenal dengan mahar senilai 30,6 juta poundsterling (sekitar Rp562 miliar) ditambah Henrikh Mkhitaryan, yang satu setengah musim sebelumnya dibeli seharga 37,8 juta poundsterling (sekitar Rp693,4 miliar), hijrah ke arah berlawaranan.

Mourinho praktis menurunkan tujuh dari 10 pembelian yang dilakukannya selama menangani United, minus Pogba, Sanchez dan kiper pelapis Lee Grant, kala menjadi bulan-bulanan Liverpool.

 

Ant.

(Zaenal Arifin)