Jakarta, Aktual.com – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Senin (20/5). 
Dalam aksinya, mahasiswa melakukan orasi dan menyampaikan tuntutan terkait adanya pelanggaran Hak Asasi Manusia karena sebanyak 6,7 jt masyarakat tidak mendapatkan surat undangan C6.
“kami tidak dirugikan dengan adanya indikasi kecurangan dalam Pemilu, tetapi kami sangat kecewa dengan adanya pelelanggaran pemilu yang menyebabkan sebanyak 6,7 jt masyarakat Indonesia tidak mendapatkan undangan C6, ini merupakan pelanggaran hak masyarakat yang sudah dijamin UUD 1945” ucap orator dalam aksi tersebut.
Koordinator subkomisi penegakan HAM, Amiruddin, ketika menemui mahasiswa berkelakar, bahwa dia belum mempelajari laporannya, padahal sudah 10 hari laporan tersebut sudah masuk di Komnas HAM.
“nanti akan saya pelajari kembali laporannya” kaya Amiruddin menyudahi pertemuan.
Merasa kecewa dengan pernyataan Amiruddin, mahasiswa meminta Komisioner Komnas HAM tersebut kembali keluar dari gedung untuk menemui mahasiswa.
Sempat terjadi gesekan antara mahasiswa dan aparat kepolisian, namun tidak berselang lama karena kedua belah pihak mampu menahan diri.
(Fadlan Butho)