Jakarta, Aktual.com – Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan yaitu Pemilu Serentak 2019, yang berlangsung hari ini, Rabu (17/4). 
Sebanyak 63 akan tahanan KPK bersiap menggunakan hak suaranya di TPS 12 Cabang Guntur, Rumah Tahanan (Rutan) KPK, Jakarta selatan.
Tidak semua tahanan KPK menunaikan hak pilih di Rutan KPK. Sebanyak 102 tahanan KPK menunaikan hak pilih di beberapa rumah tahanan lain.
Terlihat sejumlah tahanan silih berganti masuk ke ruang tunggu yang bisa diakses dari halaman depan Rutan KPK. 
Dua diantaranya tersangka kasus suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau 1, Idrus Marham dan kasus dugaan suap proyek sistem penyediaan air minum (SPAM), Budi Suharto.
Tahanan tersebut mulai dikumpulkan di ruang tunggu sejak pukul 10.50 WIB. Mereka dibawa ke halaman depan menggunakan mobil tahanan.
Menurut pantauan, depan halaman Rutan KPK terlihat ada lima meja, dua bilik suara dan empat kotak suara. Terdapat pula sejumlah kursi untuk tahanan yang menunggu menunaikan hak pilih.
Sejumlah saksi dan pengawas pemilu terlihat sudah bersiap. Kebanyakan dari mereka mengenakan seragam berwarna abu-abu bertuliskan Panitia Pengawas Kecamatan Setiabudi. 
(Fadlan Butho)