Sejumlah demonstran dari berbagai elemen mahasiswa berunjuk rasa di depan kantor Freeport Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/12). Mereka mendesak pemerintah untuk tidak melanjutkan kontrak karya dengan PT Freeport yang akan berakhir tahun 2021 dan segera mengusir PT Freeport dari Indonesia. AKTUAL/TINO OKTAVIANO

Jakarta, Aktual.com — Pertemuan yang dilakukan pemilik Freeport McMoRan, James Moffet atau Jim Bob dengan Aksa Mahmud dan Erwin Aksa yang tidak lain ipar Wakil Presiden Jusuf Kalla terus menjadi perhatian publik.

Pasalnya, pertemuan yang terjadi tidak lama setelah kasus papa minta saham selesai diputus oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI.

Menanggapi itu, Juru Bicara Selamatkan NKRI, Ferdinand Hutahaean menyayangkan adanya pertemuan dengan pemilik PT Freeport Mc Moren tersebut.

“Ya kita memang sangat sayangkan pertemuan yang dilakukan oleh Jim Bob dengan keluarga Wapres Jusuf Kalla disela gentingnya situasi tentang Freeport saat ini,” tegas Ferdinand saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (22/12).

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh keluarga Jusuf Kalla dapat saja diyakini lantaran tidak terlepas dari posisi JK yang tengah menjabat sebagai orang nomor dua di republik ini.

“Apa yang dilakukan oleh keluarga Jusuf Kalla dalam hal ini kita yakini terjadi pasti karena posisi Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden,” sebut mantan relawan Joko Widodo itu.

“Karena sangat tidak mungkin pertemuan ini terjadi tanpa posisi JK,” tandas dia.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang