Warga korban gempa bumi mendapatkan bantuan dari Orang Tua Group Peduli di wilayah Lombok Utara. OT menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban gempa dalam bentuk biskuit, sembako, obat-obatan, perlengkapan bayi, air kemasan, pasta dan sikat gigi. Aksi sosial ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun OT ke-70 tahun. AKTUAL/Pool

Lombok Utara, Aktual.com – Sebanyak 2.300 anak di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdampak misibah gempa bumi mendapatkan bantuan tabungan sosial anak.

“Tabungan sosial anak itu fungsinya untuk kebutuhan sekolah, pemeriksaan kesehatan anak dan lainnya,” kata Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial Nahar di Lombok Utara, Kamis (18/10).

Dia menjelaskan, bantuan tabungan senilai Rp1 juta per anak selama setahun itu sebenarnya merupakan program reguler di Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak.

“Ini sebenarnya bentuk program reguler tapi dari 44 panti sosial yang ada di NTB, semuanya merupakan korban gempa adalah anak-anak yang dilayani di panti-panti ini, otomatis yang tadinya sudah rentan, setelah kena gempa, mereka jadi tambah kena masalah,” tambah dia.

Bantuan tersebut bersumber dari anggaran Kementerian Sosial yang langsung disalurkan ke rekening tabungan anak.

(Andy Abdul Hamid)