BAGIKAN

Jepara, Aktual.com – Museum Raden Ajeng Kartini Jepara, Jawa Tengah, mulai berbenah untuk memperbarui penampilan guna memudahkan setiap pengunjung memahami sejarah tentang pejuang emansipasi perempuan Indonesia.

Perubahan penampilan wajah Museum RA Kartini memang mendapat apresiasi para pengunjung, karena diyakini bisa membuat setiap pengunjungnya betah di museum yang mengoleksi aneka benda bersejarah milik Kartini tersebut.

Sebagai sarana edukasi dan tempat melihat aneka informasi dan koleksi mengenai peristiwa pada masa lalu, memang dibutuhkan suasana museum yang nyaman.

Perbaikan Museum RA Kartini rampung pada akhir 2016, sehingga tahun ini merupakan wajah baru untuk menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda, berkunjung. Wajah baru museum agar tidak kalah dengan permainan modern yang kurang mendidik.

“Meskipun diklaim sebagai sarana edukasi, museum sering dianggap sebagai tempat yang menjenuhkan, karena terkesan sepi dan pengunjungnya didominasi dari kalangan pelajar,” kata salah seorang pengunjung Museum RA Kartini, Maulidin, di Jepara, Jumat (21/4).

Mungkin memang perlu ada evaluasi secara menyeluruh dengan melibatkan masyarakat, khususnya kalangan pelajar di Kabupaten Jepara, atas pengelolaan museum itu. Mereka memang perlu mengetahui koleksi Museum RA Kartini karena sebagai pejuang asli dari Jepara.

Hasil perbaikan tampilan di dalam Museum RA Kartini saat ini, terlihat bagus. Pengunjung tidak lagi jenuh, mengingat tempatnya juga jauh lebih modern serta dipadu dengan lampu warna-warni.

 

Ant.

(Zaenal Arifin)