Pelaksana Harian Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan sambutan saat peluncuran Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan SIAP BOS BOP di Jakarta, Rabu (2/5). Dukung peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan di sektor pendidikan di DKI Jakarta, Bank DKI turut berpartisipasi membangun SIAP BOS BOP berbasis Cash Management System (CMS) Bank DKI yang diberi nama CMS – SIAP BOS BOP. Per Maret 2018 jumlah transaksi SIAP BOS BOP telah mencapai 141.725 transaksi dengan nominal sebesar Rp425,89 miliar. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan model penataan sepanjang sungai Ciliwung salah satu dampaknya akan dapat menciptakan 1.200 lapangan kerja berorientasi lingkungan atau green jobs.

“Saya ingin membangun kerja sama yang baru dengan berbagai pihak untuk mengupayakan penciptaan lapangan kerja. Model penataan sepanjang sungai Ciliwung akan dapat mencetak 1,200 lapangan kerja berorientasi lingkungan atau green jobs,” kata Wagub Sandiaga, Rabu (11/7).

Hal tersebut disampaikannya pada hari kedua kunjungannya di Singapura yang diisi dengan delapan pertemuan. Diawali bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee, Selasa (10/7).

Keduanya membahas penataan kota yang melibatkan partisipasi masyarakat. Salah satunya adalah model penataan sepanjang Sungai Ciliwung.

“Kami berdiskusi tentang pendekatan baru dalam menyelesaikan masalah Sungai Cilliwung dengan fokus pada rehabilitasi bantaran sungai dan memaksimalkan potensi manfaat yang bisa didapat dari masyarakat khususnya yang hidup di sekitar Sungai Ciliwung dan warga DKI Jakarta pada umumnya,” kata Sandiaga.

Pendekatan baru ini, tentu saja sudah mempertimbangkan aspek ekologikal dan juga budaya di lingkungan sekitar. Serta diyakini dapat menjadi model untuk diterapkan untuk menghadapi tantangan pengelolaan sungai lainnya yang memiliki karakter demografi dan sosial yang relatif sama.

(Andy Abdul Hamid)