Jakarta, Aktual.com – Ucapan Ketua Fraksi Nasdem DPR Victor Laiskodat, dianggap sebagai representasi dari Partai Nasdem yang ingin menjaga kekuasaan yang telah dimilikinya. Sebagai partai yang notabene masih baru, partai besutan Surya Paloh ini dinilai memang harus rajin-rajin tampil di panggung publik.

Aktivis Eksponen Indonesia Muda (EIM) Taufiq Amrullah, mengkritik cara yang dipilih Victor. Menurutnya, tidak seharusnya politikus dan anggota DPR seperti Victor memilih cara yang menjijikkan untuk tampil di depan publik.

“Dia itu partai baru dan terbilang kecil, jadi memang harus tampil. Tapi melakukan dengan cara yang salah,” kata Taufiq kepada Aktual.com, melalui telepon di Jakarta, ditulis Sabtu (5/8).

Sebagai partai baru, Taufiq menilai Partai Nasdem sudah terlampau dini untuk masuk ke lingkaran kekuasaan. Hal ini, lanjutnya, membuat para kader tersebut sudah mabuk kekuasaan dan cenderung tidak membumi.

Ia beropini, polemik yang diakibatkan oleh Victor adalah bukti paling sahih tentang gambaran tersebut. Lebih lanjut, Taufiq pun memprediksi bahwa partai tersebut akan menemui kegagalan dalam Pemilu dua tahun mendatang.

“Dia terlalu haus kekuasaan dan saya rasa Nasdem akan ditinggal pada 2019 ya. Kalau saya lihat dengan pembelaan terhadap Victor, Partai Nasdem sangat layak untuk ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia,” papar mantan Ketua PP KAMMI 2006-2008 ini.

Taufiq menyatakan jika tindakan Victor sudah cukup representatif bagi masyarakat untuk melihat kebobrokan Partai Nasdem. Partai ini justru menunjukkan sifat aslinya yang memang bertentangan dengan Pancasila, alih-alih mencontohkan sikap dan tindakan tentang pengamalan Pancasila yang baik kepada masyarakat.

“Itu ucapan personal, tapi kalau merembet ke partai (dengan dibela), berarti memang begitu sifat politik Nasdem selama ini,” pungkasnya.

 

Laporan Teuku Wildan

(Zaenal Arifin)