Jakarta, Aktual.com – Pernyataan Ketua Fraksi Nasdem Victor Laiskodat dinilai dapat mengganggu kerjasama politik dengan empat partai politik Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat yang difitnah sebagai partai intoleran dan mendukung sistem negara khilafah.

“Bukan tidak mungkin PAN, Gerindra, PKS dan Demokrat mengharamkan berkoalisi dengan Nasdem dalam mengusung Pilkada 2018,” kata Pengamat Politik dari Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago (Ipang) saat dihubungi, di Jakarta, Minggu (13/8).

Baca Juga :  Nasdem: Sindiran Mega Bukan Wujud Kekecewaan

Terlihat, sambung dia, ketika partai bentukan Surya Paloh mengusung Walikota Bandung Ridwan Kamil untuk m3njadi bakal calon gubernur, partai lima besar ogah untuk ikut m3ndukungnya.

“Bisa kita lihat realitas di Pilkada Jawa Barat, begitu Ridwan Kamil diusung Nasdem. Partai kelas kakap ogah untuk mau mengusungnya,” ujar dia.

Lebih baik, ia menyarankan agar Victor Laiskodat dan Nasdem untuk bersikap arif dengan memgakui kesalahan dan meminta maaf.

Baca Juga :  Kader PDIP Ini Ogah Urus Rini dan Andi

“Kasus Victor bisa menganggu elektoral Nasdem. Apabila tidak minta maaf. Sehingga, resikonya maha berbahaya terhadap eksistensi Nasdem kedepannya,” pungkasnya.

(Reporter: Novrizal)

(Ismed Eka Kusuma)