Jakarta, Aktual.com – Turki akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Eropa 2024, setelah tiga upaya sebelumnya berujung kegagalan, kata kepala Federasi Sepak Bola Turki Yildirim Demiroren.

Negara itu sebelumnya telah mencoba untuk menjadi tuan rumah putaran final pada 2008, 2012, dan 2016.

“Pada kesempatan ini, kami meyakini bahwa keduanya sebagai dewan manajemen dan negara kami layak untuk mendapatkannya,” kata Demiroren pada pertemuan untuk mengumumkan pencalonan itu bersama menteri olahraga Akif Cagatay Kilic, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/2).

Turki akan mengajukan aplikasi formalnya pada 2 Maret, tambah Demiroren. UEFA akan mengumumkan semua kandidat tuan rumah Piala Eropa 2024 pada 10 Maret dan keputusan mengenai siapa kandidat yang menang akan dikeluarkan pada September 2018.

Kepala federasi Turki menyoroti ivestasi-investasi terkini negara itu dalam stadion-stadion sebagai aset untuk pencalonan mereka.

“Turki hanya satu contoh negara di Eropa bahkan di dunia, yang telah membuat investasi dalam 32 stadion pada beberapa tahun terakhir,” tutur Demiroren.

 

Ant.

(Zaenal Arifin)