Jakarta, Aktual.com — Kejang otot bisa ‘menyerang’ siapa saja, dan alasannya bisa saja karena Anda melakukan diet yang buruk untuk tubuh Anda. Solusinya yaitu, Anda harus mempertimbangkan perubahan dalam diet, asupan cairan, perubahan pola latihan atau meningkatkan postur tubuh.

Kejang merupakan kontraksi ‘involunter’ dari otot-otot yang satu (atau lebih otot, red) dan dapat mempengaruhi leher, kaki, punggung atau perut. Mereka bisa menyebabkan banyak ketidaknyamanan kepada para penderitanya.

Otot akan mengencang lalu menyebabkan rasa sakit dan sangat menderita. Ini bisa terjadi kapan saja seperti kejang di betis. Sementara, saat kita sedang tidur menyebabkan kita untuk bangun kesakitan, atau ‘tarikan’ mendadak yang kita rasakan ketika kita bangun pertama kali di pagi hari.

Sangat ideal untuk menghindari melakukan gerakan tiba-tiba agar tidak terpengaruh oleh kejang otot tersebut. Tidak ada pengobatan seperti itu. Namun, dilansir dalam laman Boldsky, berikut solusi cepat serta tepat untuk menyingkirkan rasa sakit dan penderitaan. Ini tujuh hal yang bisa dilakukan setiap kali kejang Anda timbul, yaitu:

Baca Juga :  Industri Tembakau Internasional Pengaruhi DPR dan Pemerintah?

Latihan yang tepat
Selalu melakukan latihan pemanasan sebelum memulai latihan dan pendinginan sebelum menyelesaikan sesi latihan. Tiba-tiba Anda ‘terjun’ ke dalam latihan dan tiba-tiba berhenti, dapat menyebabkan peradangan dan nyeri otot, yang menyebabkan kejang mendadak. Berjalan tegak dengan postur yang baik dan juga duduk tegak tanpa membungkuk saat bekerja di meja. Semua kiat ini membuat otot lebih kuat.

Minum air
Dehidrasi juga dapat menyebabkan kejang dan kram. Sehingga sangat bijaksana untuk minum banyak air mineral, terutama jika Anda berolahraga sangat keras. Minuman ‘elektrolit’, natrium dan kalium, juga akan mengisi kembali nutrisi yang hilang pasca latihan.

Baca Juga :  Cegah Disfungsi Ereksi, Berikut 11 Kiat Sehat Jaga Kejantanan pada Pria

Beristirahat
Kejang selalu meninggalkan sejumlah nyeri, sehingga yang terbaik adalah untuk mengistirahatkan otot selama beberapa hari ketika Anda terkena nyeri kejang. Otot yang tegang harus diberikan istirahat yang cukup untuk menyembuhkan sekaligus mendapatkan kembali bentuknya.

Di saat yang sama, terus bergerak secara perlahan dan lembut, agar tidak timbul kekakuan pada tubuh. Peregangan tidak harus untuk dilakukan, karena akan memperparah kondisi Anda nantinya.

Fermentasi air hangat
Air hangat membantu otot-otot Anda menjadi rileks. Sebuah bantal pemanas atau botol air panas atau tas dapat digunakan untuk memijat di area yang terkena kejang. Hal ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari segera setelah Anda mendapatkan kejang. Ini memberikan rasa lega serta nyaman dari rasa sakit. Air hangat dapat digunakan jika diikuti oleh aktivitas yang lain.

Kompres dingin
Menempatkan kantong es atau batu es yang dibungkus dengan kain dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Jika Anda akan beristirahat untuk sementara waktu, kemudian terapkan kompres es akan menjadi ide yang baik.

Baca Juga :  Kenali Bahaya Penggunaan Plastik yang Anda Pakai

Makan yang sehat
Mengasup makanan bergizi baik membuat banyak penyakit menjauh. Banyak kejang perut bisa disingkirkan dengan melakukan diet dengan memasukkan menu sayuran berdaun hijau, sayuran segar, buah-buahan musiman, pisang, beras merah, biji rami, gandum dan banyak makanan kaya mineral lainnya. Beberapa makanan alami mampu meringankan kejang pada umumnya.

Periksa obat Anda
Kadang-kadang, efek samping yang umum dari banyak obat resep dapat menyebabkan kram otot dan kejang. Jika Anda mulai mengambil obat baru dan kejang terjadi segera setelah itu, berjaga-jaga untuk melihat apakah itu adalah dampak dari obat yang Anda konsumsi.

()