Ankara, Aktual.com – Satu delegasi dari Arab Saudi sudah tiba di Turki sebagai bagian dari penyelidikan bersama atas menghilangnya wartawan terkemuka Saudi, Jamal Khashoggi, kata dua sumber Turki, Jumat (12/10).

Khashoggi memasuki gedung konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober untuk mengambil dokumen pernikahan, yang akan ia jalani.

Para pejabat Saudi mengatakan wartawan tersebut sudah keluar setelahnya tapi pejabat-pejabat Turki serta tunangan Khashoggi, yang menunggu di luar, mengatakan Khashoggi sejak itu tidak pernah muncul lagi.

Sumber-sumber Turki mengatakan bahwa, menurut penelaahan awal oleh kepolisian, Khashoggi –yang kerap lantang mengkritik pemerintah Saudi– dibunuh di dalam gedung konsulat.

Riyadh telah membantah tuduhan itu, yang dianggapnya tidak berdasar.

Delegasi Saudi tiba di Turki sebagai bagian dari perjanjian antara Ankara dan Riyadh untuk menyelidiki kasus tersebut, kata dua sumber Turki. Mereka tidak memberikan keterangan rinci soal siapa saja anggota delegasi tersebut.

Kantor berita negara Turki, Anadolu, mengatakan delegasi Saudi akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Turki pada akhir pekan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumnya mengatakan bahwa Turki tidak bisa terus diam soal menghilangnya Khashoggi. Ia meminta konsulat Saudi untuk membuktikan bahwa Khashoggi telah meninggalkan gedung itu.

Pada Selasa, kementerian luar negeri Turki juga mengatakan bahwa konsulat Saudi di Istanbul akan diperiksa sebagai bagian dari penyelidikan.1

Ant.

(Zaenal Arifin)