Warga berdiri di halaman rumahnya yang terendam banjir di Desa Nga, Lhoksukon, Aceh Utara, Aceh, Rabu (4/1). Ratusan rumah warga di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Utara terendam banjir sejak Rabu (4/1) dini hari akibat meluapnya sungai setelah diguyur hujan deras selama beberapa hari terakhir. ANTARA FOTO/Rahmad/kye/17. *** Local Caption ***

Jakarta, Aktual.com – Sejumlah desa di wilayah enam kecamatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Pemali, Babakan dan Cisanggarung, Kamis (16//2).

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Eko Andalas di Brebes, Kamis (16/2), mengatakan, meluapnya tiga sungai ini mengakibatkan ribuan rumah warga terendam banjir.

“Banjir dengan ketinggian 30 sentimeter hingga 2 meter ini mulai merendam permukiman warga sejak Kamis pagi dan hingga kini belum surut,” katanya.

Baca Juga :  103 Penumpang KM Marina Berhasil Dievakuasi, 63 Dinyatakan Meninggal

Ia mengatakan tim gabungan yang terdiri atas Polri, TNI, dan regu pencari penyelamat (SAR) dan satpol PP sedang melakukan proses evakuasi warga yang masih terjebak banjir di rumahnya masing-masing.

“Kami melakukan koordinasi dengan SAR, Polisi, TNI, Dinsos, PMI, dan relawan untuk mengerahkan truk atau mobil bak terbuka untuk membantu proses evakuasi karena kendaraan sepeda motor dan mobil tidak memungkinkan untuk berada di lokasi banjir,” katanya.

Baca Juga :  BPBD Bone Bolango Minta Warga Waspada Banjir

Ia minta pada warga yang rumahnya terendam banjir agar segera mempersiapkan diri untuk evakuasi ke tempat pengungsian atau ke rumah kerabat yang lebih aman karena kondisi cuaca masih buruk.

“Kami mengimbau warga bersedia dievakuasi karena limpasan sungai Babakan dan Pemali bertambah semakin deras. Kami menkhawatirkan ketinggian banjir semakin bertambah dan membahayakan warga,” katanya.

Baca Juga :  Polisi Bersiaga di Register 45 Mesuji Lampung

Ia menambakan hingga kini tim gabungan terus melakukan evakuasi terhadap pada korban banjir karena air masih cukup tinggi menggenangi permukiman. (Ant)

()