Denpasar, Aktual.com – Kecelakaan beruntun melibatkan tiga kapal laut, terjadi di Pelabuhan Teluk Benoa, Denpasar, Bali. Ketiga kapal nahas itu adalah kapal penumpang KM Wilis, Kapal Cruise Sea Safari VII dan kapal ikan Ryoyoshimaru 8.

Kejadian itu bermula ketika KM Wilis hendak bersandar guna menurunkan penumpang. Meski sudah berada di dekat pelabuhan, namun KM Wilis tak mengendurkan kecepatannya. Ia meluncur dengan deras yang akhirnya menabrak Kapal Cruise Sea Safari VII yang tengah bersandar.

Baca Juga :  Polda Jambi Sosialisasikan Tilang Elektronik dan Perma 12/2016

Kapolsek Benoa, Komisaris I Nyoman Gatra menjelaskan, Kapal KM Wilis yang dinahkodai Benia Andrian, datang dari arah selatan. ‎Sebelum menabrak Kapal Cruise Sea Safari VII, KM Wilis terlebih dahulu menghantam dermaga.

“Selanjutnya dia menabrak kapal lain yakni Kapal Cruise Sea Safari VII yang tengah bersandar di posisi 230 meter hingga terdorong mencapai ke posisi 340 meter,” terang Gatra, Jumat (21/4).

Baca Juga :  Polda Jatim Imbau Pengendara Plat L Waspada Saat Melintas di Malang

Lantaran terdorong cukup keras, Kapal Cruise Sea Safari VII kembali menabrak kapal ikan asal Jepang, Ryoyoshimaru 8 yang juga tengah bersandar di posisi 280 meter.

Dari keterangan kru Kapal KM Wilis, posisi kapal saat hendak bersandar mengalami mati mesin bagian kanan, sehingga tak bisa dikendalikan.

“Dari keterangan kru mati mesin sebelah kanan sehingga tak bisa dikendalikan,” terang Kapolsek.

Baca Juga :  Presiden Intruksikan Semua Kementrian Beli Kapal Produk Dalam Negeri

Akibat peristiwa itu, Kapal Cruise Sea Safari VII mengalami kerusakan di bagian belakang kanan dan kiri serta haluan bagian kanan. Sementara kapal ikan Ryoyoshimaru‎ 8 mengalami kerusakan pada bagian relling haluan kanan.

“Tadi sempat bersitegang antar-pemilik kapal. Namun setelah dimediasi disepakati Kapal KM Wilis yang menanggung semua kerusakan,” tutup Gatra.
Laporan Bobby Andalan, Bali

(Zaenal Arifin)
BAGIKAN