Abdul Kadir Karding

Jakarta, Aktual.com – Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Abdul Kadir Karding menanggapi ultimatum yang dilontarkan oleh PDIP kepada PAN beberapa waktu lalu.

Abdul mengatakan, ucapan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, yang ingin mengusir PAN dari koalisi pemerintah, menunjukkan bahwa partai berlambang banteng tersebut sedang berupaya menihilkan perbedaan di antara sesama partai koalisi.

Baca Juga :  PDIP Tolak Rencana Jokowi Tempatkan Orang Asing di BUMN

“Kalau semua sikap tidak mungkin bisa sama terus,” ucapnya saat peringatan Hari Lahir PKB ke-19 di Gedung DPP PKB, Jakarta, Senin (17/7).

Ia beranggapan jika setiap partai koalisi harus menghormati perbedaan di antara mereka. Menurutnya, adalah sebuah kewajaran dalam negara demokrasi jika ada sebuah partai yang mengkritik pemerintah, meskipun partai tersebut tergabung dalam koalisi pemerintah.

Baca Juga :  PDIP Tunggu Inisiatif Jokowi Soal Reshuffle

“Etiknya mengkritik boleh, berbeda juga sebenarnya boleh. Tapi sesuai dengan batas-batas yang ada di koalisi,” jelas Abdul.

Namun demikian, Abdul tidak memungkiri jika di antara Presiden dan partai koalisi harus terdapat satu kesamaan visi atau pandangan dalam beberapa kasus tertentu. Ketika ditanya lebih rinci mengenai kesamaan tersebut, ia enggan memberikan penjelasan yang lebih jauh.

(Nebby)