Pengasuh Masjid dan Madrasah Arraudhah KH Asyari Tafsir berbincang dengan Maulana Syekh Yusri Rusydi Jabr Al Hasani saat mengikuti acara Majelis Ijazah Shalawat, Tahlil dan HaflahMaulid Akbar Nabi Muhammad SAW di Masjid Arraudhah, Desa Tambakasri, Tangkil, Tajinan, Malang, Jawa Timur, Jumat (27/1/2017). Dalam kesempatan tersebut, Syekh Yusri menjelaskan secara rinci Shalawat Yusriah, dimana Shalawat tersebut merupakan ilham yang beliau dapatkan saat melaksanakan ibadah umroh pada tahun 1432 H. AKTUAL/Tino Oktaviano
Maulana Syekh Yusri Rusydi Jabr Al Hasani menyampaikan sambutan didampingi Pengasuh Masjid dan Madrasah Arraudhah KH Asyari Tafsir saat mengikuti acara Majelis Ijazah Shalawat, Tahlil dan HaflahMaulid Akbar Nabi Muhammad SAW di Masjid Arraudhah, Desa Tambakasri, Tangkil, Tajinan, Malang, Jawa Timur, Jumat (27/1/2017). Dalam kesempatan tersebut, Syekh Yusri menjelaskan secara rinci Shalawat Yusriah, dimana Shalawat tersebut merupakan ilham yang beliau dapatkan saat melaksanakan ibadah umroh pada tahun 1432 H. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala wara’ah dalam pengajian tafsirnya menjelaskan bahwa mempelajari sihir adalah hukumnya boleh bagi beberapa syariat umat terdahulu. Hal ini seperti diceritakan di dalam AlQur’an, yaitu pada ayat:

” وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَى مُلْكِ سُلَيْمَانَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلا تَكْفُرْ”

Baca Juga :  Syekh Yusri: Adab Dalam Berdo'a Adalah Dengan Tidak Melewati Batas

Artinya: “Dan mereka pun mengikuti apa yang telah dibacakan oleh syaitan-syaitan pada kerajaan Nabi Sulaiman, dan tidaklah Nabi Sulaiman kufur, akan tetapi para syaitan itulah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan juga apa-apa yang telah diturunkan kepada dua malaikat, yaitu Harut dan Marut ketika di Babel. Mereka berdua tidaklah mengajarkannya kepada seseorang, hingga mereka berkata kepadanya”bahwa kami adalah merupakan ujian (bagi kalian), maka janganlah berbuat kekufuran”(QS. Al Baqarah: 102).

Baca Juga :  Syekh Yusri: Sayyidah Zainab RA Sosok yang Umm Al Mashaib (1)

Pada ayat ini disebutkan, bahwa Allah Ta’ala telah mengutus dua malaikat yaitu Harut dan Marut untuk mengajarkan sihir kepada manusia pada waktu itu.

Tujuan dari pada pengajaran ini, adalah agar mereka mampu untuk membedakan antara mu’jizat dengan yang lainnya, sehingga mereka percaya dan yakin akan kebenaran seorang Nabi yang memiliki mu’jizatnya.

(Andy Abdul Hamid)