Maulana Syekh Yusri Rusydi Jabr Al Hasani didampingi Khodimu Zawiyah Arraudhah Ihsan Foundation, Al Akh Muhammad Danial Nafis saat bersilaturahmi dengan volunteer acara Haflah Maulid 2017 di Zawiyah Arraudhah, Jalan Tebet Barat VIII, No 50, Jakarta Selatan, Rabu, (25/1/2017) malam. Arraudhah Ihsan Foundation menggelar kegiatan selama 2 hari Insya Allah akan dibacakan dan di khatamkan 2 kitab karya Syekh As Sayyid Abdullah bin Muhammad bin Shidiq Qs Al Ghumari al Hasani, Sabtu (28/1) hingga Minggu (29/1) bertempat di Zawiyah Arraudhah. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Pada sebuah pengajian maulidnya syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala wa ro’ah menjelaskan tentang ketampanan baginda Nabi Muhammad SAW. Banyak yang mengira bahwa orang yang paling tampan adalah Nabi Yusuf AS.

Jelas hal ini adalah pemahaman yang keliru, karena sesungguhnya baginda Nabi kitalah SAW makhluk Allah yang paling tampan secara mutlak. Telah diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda:

“فَإِذَا أَنَا بِيُوسُفَ صلى الله عليه وسلم إِذَا هُوَ قَدْ أُعْطِىَ شَطْرَ الْحُسْن”

Artinya “ ketika itu saya berjumpa dengan Yusuf, dimana dia telah diberi separuh dari ketampanan “(HR. Muslim). Yaitu ketika perjalanan isra mi’raj baginda di langit ketiga, baginda bertemu dengannya.

Pada hadits ini baginda menjelaskan bahwa Nabi Yusuf AS hanyalah memiliki separuh dari ketampanan baginda Nabi Muhammad SAW, adapun Nabi kita telah diberi ketampanan yang utuh sempurna. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

“ما بعث الله نبياً إلا حسن الوجه حسن الصوت، وكان نبيكم أحسنهم وجهاً وأحسنهم صوتا”

Artinya: “Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan ia memiliki wajah yang tampan dan suara yang bagus, dan Nabi kalian adalah Nabi yang paling tampan dan paling bagus suaranya diantara para Nabi yang lain”(HR. Turmudzi).
Tidak hanya memiliki wajah yang paling tampan, akan tetapi Nabi juga memiliki suara yang lebih merdu dari suara Nabi Dawud.

(Andy Abdul Hamid)