Maulana Syekh Yusri Rusydi Jabr Al Hasani dalam acara pembacaan kitab amin al-I'lam bi anna attasawwuf min syariat al-islam karangan syekh Abdullah Siddiq al-Ghumari di Majelis Zawiyah Arraudah, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1/2017). AKTUAL/Tino Oktaviano
Maulana Syekh Yusri Rusydi Jabr Al Hasani dalam acara pembacaan kitab amin al-I'lam bi anna attasawwuf min syariat al-islam karangan syekh Abdullah Siddiq al-Ghumari di Majelis Zawiyah Arraudah, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1/2017). AKTUAL/Tino Oktaviano

Kairo, Aktual.com – Dalam majelis mingguan yang diadakan di Masjid Asyraf Kairo, Maulana Syekh Yusri menjelaskan tentang karomah. Beliau berkata karomah adalah sesuatu kejadian diluar kebiasaan. Kejadian yang diluar kebiasaan ini bermacam-macam jenisnya.

Maulana Syekh Yusri menjelaskan beberapa kejadian diluar kebiasaan seperti jika kejadian yang diluar kebiasaan dilakukan oleh seorang yang selalu istiqomah dalam menjalankan sayiat islam, dan terkenal keistiqomahannya maka dinamakan karomah.

Maulana Syekh Yusri juga mengatakan jika terjadi pada orang yang keadaannya tidak diketahui oleh masyarakat, dan tidak diketahui juga apakah ia selalu menjalankan syariat atau tidak, tiba-tiba terdengar bahwa ia memiliki kelebihan diluar kebiasan, maka para ulama menyebutnya dengan istilah ma’unah.

Baca Juga :  Bersandar Hanya Kepada Allah SWT

Selain itu kata Maulana Syekh Yusri, terkadang juga terjadi pada orang yang suka bermaksiat atau orang kafir, jika yang terjadi sesuai dengan apa yang dikehendakinya maka disebut sebagai istidraj, sedangkan jika yang terjadi tidak sesuai dengan yang dikehendakinya maka ulama menyebutnya dengan istilah ihanah.

Beliau mencontohkan kisah Musailamah Al-kadzzab, yang mana ketika ia mendengar bahwa Nabi Muhammad ketika meludah pada sumur yang air didalamnya pahit seketika airnya berubah menjadi tawar dan segar, maka ia pun berkata bahwa ia pun bisa melakukannya, maka meludahlah ia pada sumur yang mana air didalamnya tawar seketika itu air tersebut berubah menjadi pahit dan berbau busuk.

Baca Juga :  Garansi Allah untuk Para Penghafal Alquran

Apabila terjadi pada nabi maka sesuatu yang diluar kebiasaan ini disebut sebagai mukjizat. Syekh Yusri juga berkata, apabila melihat sesuatu kejadian yang diluar kebiasaan dilakukan oleh seseorang jangan langsung berkata bahwa ini karomah dan ia adalah wali, tetapi lihat perbuatannya sehari-hari karena wali ialah seseorang yang berpegang teguh pada syariat Allah dan istiqomah menjalaninya.

Baca Juga :  Syekh Yusri: Berdzikir Sebelum Tidur Membawa Ketenangan

Beliau menukil perkataan Imam Syafi’I “ jika melihat seseorang yang bisa terbang diatas awan dan berjalan diatas air, maka lihatlah amal perbuatannya, jika ia orang shaleh maka itu sebuah karomah baginya, jika sebaliknya maka itu bantuan dari syaitan.

Laporan: Abdullah AlYusriy

(Andy Abdul Hamid)