Maulana Syekh Dr Yusri Rusydi Sayyid Jabr Al Hasani membacakan risalah karya Abu Fadhl Al Arif Billah Suekh Abdullah bib Shidiq Al Ghumari RA di Zawiyah Arraudhah, Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018). Acara yang berlangsung dari 11 hingga 14 Januari ini akan membahas tiga risalah diantaranya Husnu at-Talatthuf fi Bayani Wujubi Suluki at-Tasawwuf, Irsyadu at-Tholibi an-Najibi lla ma fi al-Maulidi an-Nabiwiyyo min al-Akadzibi, An-Nafhatu al-Ilahiyyah fi as-Sholati ala Khoyri al-Bariyyah dan Syarah as-Sholawat al-Yusriyyah wa Asmaul Husna karya Maulana Syekh Yusri Rusydi Sayyid Jabr al-Hasani Hafidzahullah. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala wa ra’ah dalam pengajian kitab shahih Bukharinya menjelaskan bahwa banyaknya nama pada sesuatu adalah menunjukkan kemuliaan sesuatu tersebut.

Diantaranya adalah surat Al Fatihah, yang memiliki bererapa nama, yang diantaranya adalah surat Al Hamd, surat As Syifa, surat Ar Ruqyah, surat As Sab’ al Matsani, surat Umm Al Kitab, dan lain sebagainya.

Syekh Yusri mengatakan bahwa surat ini dinamakan dengan surat Umm Al Kitab, oleh sebab cangkupannya terhadap ajaran-ajaran yang ada dalam Al Qur’an secara global yang mana telah dirincikan pada surat-surat lainnya.

Surat ini mengumpulkan kandungan ajaran-ajaran Al Qur’an yang diibarakatkan seperti imam yang menjadi pemimpin bagi para ma’mumnya.

Surat ini berisikan tentang kandungan makna ketauhidan (Pengesaan kepada Allah Ta’ala) sebagaimana tertuang pada basmalah, serta mengenalkan tentang Sifat-sifat Allah Ta’ala didalamnya yaitu Sifat Ar Rahman dan Ar Rahim. Surat ini juga berisikan tentang tsana (pujian) kepada Allah Ta’ala yaitu ayat:

(Andy Abdul Hamid)