Maulana Syekh Dr. Yusri Rusydi Sayyid Jabr al-Hasani didampingi Khodimu Zawiyah Arraudhah KH Muhammad Danial Nafis saat acara Maulid baginda Nabi Muhammad SAW di Zawiyah Arraudhah, Jalan Tebet Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018) malam. Dalam penjelasan Tausiyahnya Syekh Yusri menjelaskan tentang pentingnya menumbuhkan rasa mahhabah (kecintaan) kepada Rasulullah SAW serta harus bersikap rendah hati (tawadu) dalam berbagai hal. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala dalam pengajian kitab shahih Bukharinya menjelaskan bahwa hanya dengan mengatakan sebuah perkataan seorang istri bisa masuk neraka. Ketika seorang istri berkata kepada suaminya “Saya tidak pernah melihat kebaikan darimu”, maka ia telah mengkufuri nikmat kebaikan suami.

Hal inilah yang menjadi sebab banyaknya penghuni nereka adalah dari kaum perempuan, oleh sebab mereka yang kerap sekali melupakan kebaikan dari pada sang suami, yang mana dirinya memiliki hak yang agung yang haru dipenuhi oleh sang istri, jelas syekh Yusri.

Bahkan, seorang suami boleh melarang istrinya untuk mengunjungi kedua orang tuanya, meskipun ini adalah makruh hukumnya.

Pada suatu ketika, Baginda Nabi Saw salat gerhana matahari bersama para sahabat Ra, dan mereka melihat sang Baginda Saw maju dan mundur sepertinya Baginda hendak mengambil sesuatu.

Setelah selesai salat pun mereka bertanya kepada Baginda Saw: “Wahai Baginda Saw, kami melihat engkau maju dan mundur, ada apakah gerangan wahai Rasulallah?”. Baginda pun berkata: “Saya melihat sorga.

(Andy Abdul Hamid)