Maulana Syekh Dr. Yusri Rusydi Sayyid Jabr al-Hasani membaiat thariqoh Shiddiqiah, Darqawiah, Syadziliah usai acara Maulid baginda Nabi Muhammad SAW di Zawiyah Arraudhah, Jalan Tebet Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018) malam. Syekh Yusri mengingatkan kepada jamaah yang telah di baiat untuk mengikuti Hadroh Usbuiyah setiap Kamis malam di Zawiyah Arraudhah. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala wa ra’ah dalam pengajian kitab shahih Bukharinya menjelaskan bahwa surat Al Mulk adalah merupakan salah satu surat Al Qur’an yang sangat diperhatikan dan menjadi wirid asasi dalam dunia thasawwuf.

Sehingga beberapa thariqah menjadikan surat ini sebagai salah satu wirid asasi yang harus dibaca setiap hari bersama dengan wirid lainnya.

Diantara thariqah ini adalah thariqah Muhammadiyah yang termasuk dari cabang Syadzuliyah, dimana pendirinya adalah Ar Raid Syekh Zaki Ibrahim Rahimahullah Ta’ala Wa ra’ah, salah satu thariqah besar yang ada di Mesir.

Begitu pula dengan thariqah Al Hasyimiyah Al Jazuliyyah, yang dinisbatkan kepada Syekh Jazuli Rahimahullah Ta’ala Wa ra’ah pengarang kitab Dalail Al Khairat.

Sebelum mereka membaca wirid thariqah, mereka memulai dengan membaca surat Al Mulk, sebagai pembuka. Hal ini mengingat faedah dari pada surat Al Mulk itu sendiri yang sangat besar.

(Andy Abdul Hamid)