Riyadh, Aktual.com – Serangan udara koalisi internasional pimpinan Arab Saudi pada pekan lalu menewaskan pemimpin sipil tertinggi Houthi di Yaman. Tokoh yang tewas itu adalah Saleh al-Samad, yang menjabat sebagai presiden lembaga politik versi Houthi yang menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi, pemimpin Houthi Abdul Malik al-Houthi mengatakan bahwa Samad tewas pada Kamis di kota pelabuhan Hodeidah, yang terletak di garis pantai barat Yaman, akibat rentetan serangan udara yang juga menewaskan enam orang lainnya.

Hingga kini belum ada komentar dari pihak koalisi. Namun beberapa berita dari stasiun televisi Al Arabiya menyatakan bahwa mereka berhasil menewaskan Samad setelah “memantau pergerakannya dengan seksama.”

Sementara di PBB, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam dengan keras serangan udara yang menghantam sebuah pesta pernikahan di Yaman yang menewaskan sedikitnya 20 orang pada Minggu (22/4).

Kelompok Houthi saat ini menguasai ibu kota Sanaa dan harus menghadapi perlawanan dari pemerintahan yang berbasis di kota pelabuhan selatan Aden yang diakui oleh komunitas internasional.