Siak, Aktual.com – Sekuntum bunga bangkai jenis Amorphophallus paeonifolius, ditemukan tumbuh di belakang rumah salah seorang warga Kampung Adat Kampung Tengah RT 03 RW 01, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau.

“Bunga bangkai ini tumbuh di halaman rumah warga Kampung Adat Kampung Tengah Mempura, dan hari ini sudah memasuki hari keempat mekar,” ujar Camat Mempura OK Rendra Dharma Putra di Mempura usai meninjau keberadaan bunga bangkai, Rabu (11/7).

Ia mengatakan, awalnya Ibu Inasri (pemilik rumah) dan warga lainnya menyangka bunga itu hanyalah Keladi Bali yang kebetulan tumbuh di belakang rumahnya. Setelah dua hari kemudian mekar, ia pun melaporkan pada pemerintah kecamatan.

“Kami juga melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Siak, dan mereka menyatakan ini masuk dalam jenis Amorphophallus paeonifolius,” katanya.

Amorphophallus paeonifolius yang sudah mekar selama empat hari ini tumbuh dengan tinggi 50 centimeter dan diameter 30 cm.

“Konon katanya bunga bangkai akan mekar selama tujuh hari, dikarenakan hari ini sudah memasuki hari keempat sehingga sudah mulai kuncup,” imbuhnya.

Keberadaan Amorphophallus paeonifolius menarik perhatian masyarakat setempat, sehingga mereka beramai-ramai melihat langsung keberadaan bunga langka ini. Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak turut menyaksikan dengan jarak dekat.

“Karena banyaknya warga yang berdatangan untuk melihat, kami akan memberi pagar di sekitar bunga itu tumbuh, agar tangan-tangan yang jahil tidak merusaknya. Kita tidak menyangka ia bisa tumbuh di Siak,” sebutnya.

Pihak DLH Siak berpesan pada masyarakat setempat untuk menjaganya karena Amorphophallus paeonifolius masuk dalam bunga yang dilindungi dan dilestarikan keberadaannya.

 

Ant.

(Zaenal Arifin)