Logo Pemprov DKI

Jakarta, Aktual.com-DKI Jakarta ditetapkan masuk dalam kategori 100 Kota Berketahanan atau Resilient Cities (100 RC).

Forum ini sebagai jejaring internasional guna membantu kota-kota di seluruh dunia agar lebih tahan terhadap tantangan fisik, sosial dan ekonomi.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati melalui forum itu Jakarta dapat belajar banyak soal solusi penyelesaian permasalahan yang kerap ditemui.

Baca Juga :  Ahok Tarik Petinggi Cipaganti Nakhodai TransJakarta, Antonius Tersingkir

“Pada Mei 2016, Jakarta terpilih menjadi anggota jaringan100 RC dengan mengungguli 300 aplikasi dari kota-kota lain di seluruh dunia,” jelas Tuty di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Rabu (11/10).

Sebagai kota besar, Jakarta kini sudah mesti mulai menyadari mencari solusi bagi permasalahan kota ke depan. Tidak hanya solusi yang baik tetapi juga tepat dan cepat.

Baca Juga :  Yusril: Ahok Tidak Bisa Merubah Kewajiban Cuti Jadi Pilihan

“Mencari solusi tidak bisa mengandalkan pemerintah pusat saja. Tetapi juga harus menggali permasalahan sekaligus mencari solusinya yang baik, tepat dan cepat,” kata Tuty.

Terkait dengan masalah ini kata Tuty pihaknya juga akan dibantu jaringan100 RC untuk menyusun dan menerapkan strategi ketahanan kota. Dimana proses penyusunannya akan didampingi Chief Resilient Officer.

Baca Juga :  Liburan Panjang, Ruas Jalan di Jakarta Sepi

“Tim Ketahanan Kota Jakarta, juga melibatkan seluruh elemen masyarakat. Mulai dari aparatur, akademisi, sektor usaha dan juga perwakilan komunitas,” tandas Tuty.

(Dedy Kusnaedi)
BAGIKAN