Festival kuliner
Festival kuliner

Jakarta, Aktual.com – Beberapa perusahaan BUMN yaitu PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PTPN IV (Persero), Kawasan Industri Medan (KIM), serta Inna Hotel & Resorts menggelar Festival Kuliner di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara mulai Sabtu-Minggu, 12-13 Agustus 2017.

Pada hari pertama gelaran, dihadiri oleh petinggi-petinggi BUMN itu.  Seperti Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Asisten Deputi Kementerian BUMN Hendrika Nora, Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Iswandi Said, serta perwakilan KIM dan PTPN IV.

Baca Juga :  Ribuan Elang Migrasi Dari Negara Asalnya Melintasi Langit Malang

Festival kuliner ini, bertujuan guna melestarikan dan mempromosikan makanan khas daerah Sumut agar lebih dikenal masyarakat luas. Sekaligus juga dapat menjadi motor pendorong perekonomian baru bagi masyarakat tersebut.

“Festival kuliner yang kami persembahkan bagi warga Sumut khususnya Medan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Ini juga bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri,” jelas Bambang Eka, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu (13/8).

Baca Juga :  Mendagri Lantik Irwandi - Nova Menjadi Gubernur dan Wagub Aceh

Menurutnya, agenda ini digelar dalam rangka mendekatkan BUMN kepada masyarakat sebagai pemangku kepentingan.

“Sekaligus juga sebagai wujud rasa terima kasih kami kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini,” katanya.

Kegiatan itu terbuka untuk umum dan diisi dengan lomba kreasi lontong Medan, lomba fruit carving, serta demo masak oleh Chef Farah Quinn dan Demo Sushi oleh Chef Uki. Untuk juri lomba kuliner terdiri dari Chef Farah Quinn, Direksi Pelindo I dan Arie Parikesit (host Kelana Rasa). Total hadiahnya Rp25 juta.

Baca Juga :  Jatim Diharapkan Menjadi Penggagas Ekspor Makanan Halal

Selama dua hari penyelenggaraan, Festival Kuliner tersebut dimeriahkan hiburan rakyat berupa bazar kuliner yang diikuti 10 penyedia kuliner lokal, 6 penyedia kuliner (Kep. Riau, Sumut Riau, dan Lhokseumawe) serta 4 penyedia kuliner nasional dan internasional.

(Ismed Eka Kusuma)
1
2
BAGIKAN