BAGIKAN
ilustrasi kemacetan

Jakarta, Aktual.com-Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengimbau kepada pengemudi kendaraan besar seperti truk agar tidak melintas di tol, Jumat (21/4) hingga Senin (24/4). Langkah ini diambil untuk mengantisipasi kemacetan saat long weekend minggu ini.

“Kami mengimbau agar angkutan berat truk, melalui Dirjen Perhubungan Darat, agar truk tidak beroperasi di hari Jumat, Sabtu, maupun arus balik di hari Senin,” imbuhb Royke, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/2017).

Peningkatan volume kendaraan dapat dikurangi jika operasional truk dibatasi. Jika truk melintas memakan badan jalan sebesar 20 hingga 30 persen.

“Apalagi sekarang ada titik macet di pintu Cikarang Utama, apalagi ada pekerjaan perbaikan jalan di dua titik setelah Cikarang itu. Itu yang membuat bertambah kecilnya kapasitas jalan tol cikampek,” kata Royke.

Jika terjadi kemacetan di ruas itu, kata Royke pihaknya akan mengambil beberapa langkah yang akan dilakukan seperti pengalihan arus dan sistem buka tutup jalur.

“Serta penggelaran anggota di jalan yang dengan cepat mendeteksi jika ada penyebab-penyebab kemacetan yang insidentil seperti kecelakaan, ada kerusakan truk,” tambah dia.

Pihaknya kata Royeke akan bekerja sama dengan beberapa Polda untuk antisipasi kemacetan libur panjang ini di antaranya adalah dengan Polda Banten, Polda Jabar, Polda Lampung, dan Polda Jateng. Setiap polda sudah menyiapkan pasukan sebanyak hampir 1.000 personel untuk mengatur arus lalu lintas saat long weekend nanti.

(Dedy Kusnaedi)