Jakarta, Aktual.com – PT PLN (Persero) mendorong peningkatan elektrifikasi melalui layanan penyambungan atau pemasangan listrik gratis untuk konsumen golongan kapasitas 450 Volt Ampere (VA).

Direktur Utama (Dirut) PLN, Sofyan Basir menjelaskan bahwa layanan ini sudah berlangsung selama dua bulan, hanya saja selama ini penerapannya baru terbatas pada area-area tertentu. Namun tambahnya, dia telah memutuskan untuk memberlakukan program ini secara nasional.

Baca Juga :  FAO: Harga Pangan Dunia Stabil Pada Februari 2016

“Pemasangan sambungan secara gratis yang 450 VA sekarang terus jalan. Program ini sudah jalan dari dua bulan yang lalu, tapi masi per area-area tertentu. Sekarang kita jadikan skala naional. Pokoknya rakyat miskin nggak bisa pasang listrik, dipasangin,” katanya kepada Aktual.com di Jakarta, ditulis Senin (17/7).

“Sekarang kalau tiangnya sudah ada tapi rakyatnya nggak mampu bayar biaya pemasangan, kan jadi mubazir investasi PLN. Tapi kalau dikasih meteran, jadi bayar listrik dia. Jadi sama-sama diuntungkan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Alasan Hujan, Pemerintah Impor Garam 75 Ribu Ton

Untuk diketahui, per 18 november 2016 julah konsumen listrik golongan 450 VA sebanyak 23.114.262 atau 36.56 persen dari konsumen listrik nasional. Golongan ini dikategorikan golongan ekonomi lemah sehingga disubsidi oleh pemerintah.

 

Laporan Dadangsah

(Zaenal Arifin)
BAGIKAN